pt. SARANA SAMUDERA PACIFIC

PILAR DASAR MEMBANGUN GROUP

TENTANG PT. SARANA SAMUDERA PACIFIC

Dengan berdasar pada potensi pasar saat ini pada bangunan baru maupun reparasi kapal, khusunya karena adanya Inpres No. 5 Tahun 2005 tentang azaz cabotage ( yang menetapkan penggunaan kapal – kapal berbendera Indonesia untuk melayani angkutan domestik) sehingga sangat terbuka pengadaan kapal-kapal baru pengganti kapal – kapal asing yang selama ini melayari perairan Indonesia. Adanya kebutuhan distribusi bahan bakar minyak dan energi di perairan Indonesia secara regular baik untuk pengangkutan BBM, batubara, gas dll. Disamping itu, peluang untuk eksploitasi hasil perikanan laut yang sangat besar, sehingga membutuhkan armada kapal ikan yang sangat banyak, maka potensi pasar untuk pengadaan kapal – kapal baru maupun reparasi kapal jenis tersebut masih sangat terbuka.

Pasar domestik industri perkapalan di Indonesia, terutama didominasi oleh kapal – kapal dengan jenis dan ukuran sebagai berikut :

  • Tongkang Minyak ( BBM ) dan Batubara dengan ukuran 100 sampai dengan 300 feet panjang (Lpp) maksimum 90 m dan lebar (Bmld) 24 m.
  • Kapal Tundas sampai dengan 2 x 1300 HP, dengan panjang ( Lpp ) maksimum 36 m
  • Kapal Ikan sampai dengan 60 GRT dengan panjang ( Lpp ) maksimum 100 m
  • Kapal Perintis, dengan panjang ( Lpp ) maksimum 60 m
  • Kapal Ferry Ro – Ro sampai dengan 750 GRT dengan panjang ( Lpp ) maksimum 60 m
  • Kapal Container atau Self Propelled Container Barge ( SPCB ) 265 TEU dengan panjang (Lpp) maksimum 90 m.

Disamping masalah jenis dan dimensi kapal yang akan dilayani, baik untuk reparasi dan bangunan baru, maka ada pertimbangan juga untuk melakukan pengadaan barang untuk kebutuhan tersebut.

Dibawah ini adalah daftar kapal yang telah di bangun oleh PT. SARANA SAMUDERA PACIFIC sejak berdiri pada tahun 2006 sampai sekarang :

  • Satu unit kapal LTC330GT untuk PT. Karya Mekar jaya
  • Satu unit Tongkang pancang untuk PT. Pilar Dasar Membangun
  • Satu Unit kapal Ferry Ro – ro 500 GT dan 300 GT untuk Departemen Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, SATKER Pengembangan LLASDP Sulawesi Utara, selesai Tahun 2008.
  • Satu unit kapal Ferry Ro – ro 600 GT untuk Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, SATKER Pengembangan LLASDP Nusa Tenggara Timur.
  • Satu unit kapal fibre ( kapal penyeberangan penumpang ) 85GT, selesai Tahun 2008.

PENUTUP

PT. SARANA SAMUDERA PACIFIC yang bergerak pada industri galangan kapal yang dapat membuat bangunan kapal baru dan juga mereparasi. Kami ikut berpartisipasi dalam pengembangan di dunia maritime di bagian timur Indonesia dan berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Dengan pengalaman kerja selama ini kami akan berusaha untuk tetap bergerak begitu pesat. Kami yakin pengalaman kerja kami akan terus bertambah sehingga dapat membuat kami lebih expert dan profsional guna menjaga mutu dan kualitas untuk memenuhi kepuasan customer dalam bidang perkapalan.