SWARA MANADO

PILAR DASAR MEMBANGUN GROUP

TENTANG SWARA MANADO

Jumlah pengguna internet di Indonesia kini sudah mencapai sekitar 55 juta orang. Angka ini, katanya, mengalami peningkatan sebesar 30,9 % bila dibanding tahun lalu. Menurut riset AC Nielsen tahun 2011, pembaca majalah di Indonesia anjlok hingga 24 %, pembaca tabloid turun 12 %, dan koran berkurang 4 %.

PENDAHULUAN

Swara Manado Online menjadi jalan masuk ke SKH. Swara Kita, seperti halnya Koran Kompas yang terdongkrak pembacanya lewat kehadiran Kompas.com. Memanfaatkan momentum karena Swara Manado Online sudah punya segmen yang dirintis SKH. Swara Kita. Relasi sumber berita dan mitra iklan SKH. Swara Kita akan menjadi target awal Swara Manado Online.

Memanfaatkan kemitraan dengan Pemerintah Kota Manado yang akan dirangkul dalam payung Swara Kita Grup. Memiliki fasilitas dan SDM dari SKH. Swara Kita yang bisa dipakai untuk mengawali. Baik dari sisi keredaksian, mau pun iklan dan pemasaran.

PENETRASI PASAR

Masuk ke lewat kerja sama pemberitaan dengan Pemerintah Kota Manado, lewat kontrak pencitraan. Penguatan di Manado, nantinya akan disusul denganmasuk ke bisnis ekonomi. 2 unsur dasar ini kemudian akan dipakai buat pengembangan di sektor lainnya.

KEUNTUNGAN

Lingkup permulaan kerja berawal dengan menggunakan fasilitas dan SDM SKH. Swara Kita. Meski hanya memiliki satu wartawan yang akan ditempatkan di Manado, namun Swara Manado Online memiliki jaringan langsung ke 12 daerah kabupaten/ kota di Sulut (Bitung, Tomohon, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Sangihe, Sitaro, Kotamobagu, Bolmong, Bolmong Timur dan Bolmong Utara).

Ada pun pemberitaannya meliputi bidang Politik, Pemerintahan, Pendidikan, Sosial Kemasyarakatan, Sport, Enterteinmen, dan berita-berita dari 15 kota/kabupaten di Sulut.